Kuliah Jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual)

merdekave

Yang punya gambar di atas.

Oke kali ini saya akan bercerita sedikit gambaran gimanasih kulianya anak Desain Komunikasi Visual atau DKV itu? Versi Rizah tentunya. Sebelum cerita saya akan menjelaskan sedikit apasih DKV itu.

Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu (tujuan informasi ataupun tujuan persuasi yaitu mempengaruhi perilaku). Yang menarik dari sini adalah seorang sarjana DKV harus bisa mengolah pesan tersebut secara efektif, informatif dan komunikatif. Sumbernya.

  1. Jurusan aneh

Di jaman sekarang ternyata banyak orang yang mengetahui apasih itu jurusan dkv. Ada yang bilang “oh jurusan gambar gambar ya?” “oh yang kerjaannya bikin reklame ya?” “oh yang biasanya bikin brosur ya?” “oh yang bikin sablon baju itu kan?” dan oh yang oh yang lainnya. Bukan maksudnya menyepelekan pekerjaan orang lain tapi out put dari bidang dkv itu buanyaak banget loh, mulai dari art director, videografer, fotografer, copywriter, dan banyak lainnya.

  1. Pacaran sama tugas

Gimana gak cinta sama tugas kalau tiap hari ada tugas yang harus dikumpulkan minggu depan, begitu seterusnya sampai mendekati ujian tengah semester dan akhir semester. Mungkin kalau bisa dijadikan pacar tuh tugas jadi pacar deh haha.

  1. Peralatan gambar

Coba tanya anak DKV punya pensil model dan tipe apa aja, ada pensil HB, 2B sampai 5B. Begitu pula dengan drawing pen dari 0,1 sampai 0,10 uda pasti punya. Kuas juga gitu mulai dari ukuran 0 sapai 15 uda khatam. Uda kaya peralatan mau perang bukan? Segala ukuran ada.

  1. Jajan tugas

Iya bener uang jajan kita itu habis untuk tugas, bukan makanan. Ya bisa dihitung saja peralatan perang pensil uda berapa harga yang bagus Rp 3000 an, satu drawing pen paling murah Rp 10000 an dikali dari ukuran 0,1 sampai 0,10. Belum peralatan perang lainnya seperti sketch book dari A5 sampai A2, penggaris yang panjangannya 50 cm, peralatan perang warna yang bagus untungnya kita hanya butuh 5 warna dasar merah, kuning, hijau, putih dan hitam.

  1. Hitungan

Yang gak begitu suka hitungan cocok banget di jurusan ini, karena kamu tidak akan menemui integral, limit, faktorial dan saudara saudaranya yang bikin nangis tiap ngerjain jaman sekolah dulu. Tapi jangan khawatir kita tetap ada mata kuliah statistik hahaha tapi tidak sesulit jaman SMA kok.

  1. Gak bisa diem di kelas

Bagi kalian yang tidak suka sesuatu yang terikat oleh ruang dan waktu pasti cocok sama jurusan dkv. Kok bisa? Iya dong mata kuliah kita yang berada di kelas itu hanya beberapa tidak banyak. Begitu dengan ujian tengah semster dan akhir semester, hanya beberapa mata kuliah yang ujian tulis dalam kelas. Sisanya ya proyek yang bisa dikerjakan di rumah dan di kumpulkan pada waktu yang sudah disepakati. Tidak begitu pusing membuat jawaban contekan untuk ujian kan? Mengurangi dosa hahaha.

  1. Kerjaannya main dan jalan jalan

Anak DKV gak jalan jalan? Bukan anak DKV namanya tapi jalan jalannya yang bermanfaat ya bukan hanya sekedar bersenang senang. Sedikit informasi nih, banyak mata kuliah jalan jalan untuk mencari inspirasi untuk menggambar dan mengkonsep. Seperti mata kuliah DKV2 kita observasi tentang UKM untuk memperkenalkan produk tersebut di masyarakat. Dan jeng jeeng jeeeng DKV4, di DKV4 kita mencari tempat yang berpotensi menjadi pariwiasata. Tidak harus wisata alam tempat apapun bebas asal memiliki keunikan yang tidak dimiliki tempat lain.

  1. Tukang pamer

Maksdunya tukang pamer itu bukan pamer yang pamer harta atau kekayaan ya tapi pamer karya. Di kampus saya setiap akhir semester selalu di adakan KASTER atau Karya Akhir yaitu acara seperti exhibition dari semua karya tugas ujian akhir semester dari jurusan DKV, Multimedia dan Desain Produk di kampus. Kita juga sering pamer di luar kampus seperti NOVART (November Art) di malang yang diadakan setiap tahun di bulan November. Katalitika di Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Dan untuk kancah nasional kita juga selalu hadir memamerkan karya di pameran nasional seperti KMDGI (Kriya Mahasiswa Desain Grafis Indonesia) yang dimana diikuti oleh mahasiswa desain dari berbagai kampus di Indonesia yang diadakan setiap dua tahun sekali di tahun ganjil. Nah jalan jalan lagi kan hehehe.

  1. Lebih out off the box

Di dkv 1+1 belum tentu jawabannya 2 bisa saja 22, 11 atau bahkan jendela. Karena di DKV diajarin untuk kreatif dan menyelesaikan masalah dengan hal hal menarik dan menyenangkan. Pikiran liar dalam berimajinasi sangat digunakan di bidang ini, karena sesuatu yang tidak umum yang akan menjadi wah dan di mana orang lain takkan pernah berfikir seperti itu. Contoh ajakan menggunakan tangga dari pada eskalator di sebuah stasiun krl. Anak DKV akan membuat tangga tersebut berbunyi jika diinjak, jika diinjak mengikuti anak tangga pasti akan memunculkan sebuah lagu dan kebanyakan orang akan memilih menggunakan tangga karena senang dengan musik ketika diinjak dan lebih sehat.

  1. Dokter masyarakat

Siapa bilang anak DKV hanya belajar tentang desain desain dan desain. Jangan salah, kita juga belajar hampir semua jurusan. Kita juga belajar sejarah dari mulai sebelum perang dunia I sampai pasca perang dunia ke II hingga sekarang, segala bentuk media periklanan dari yang di depan sampai belakang layar, arti warna, arti tanda, arti simbol uuuhh uda seperti peramal, jadi gak perlu mikir kalau anak DKV hidup mati cuman belajar desain.

 

Sepertinya sudah cukup memberi gambaran bagaimana anak DKV versi Rizah, jika penasaran coba saja masuk kuliah jurusan DKV. Eh tapi saya tidak memaksa ya hanya memberi saran hehe, rizah mohon maaf jika ada salah salah kata yang menyinggung pihak manapun. Semoga bermanfaat dan terimakasih. 🙂

Iklan

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s